Perbedaan backlink dofollow & nofollow terletak pada perlakuan Google terhadap kedua jenis backlink tersebut. Secara singkat dofollow artinya Google mengikuti backlink tersebut, sedangkan nofollow artinya Google tidak mengikuti backlink tersebut.

Kalau Google tidak mengikutinya maka backlink tersebut tidak akan memberikan nilai untuk halaman yang tertuju. Dengan kata lain backlink nofollow tidak mengalirkan ranking sehingga tidak akan mempengaruhi peringkat halaman website di Google.

Cara Mengetahui Backlink Dofollow & Nofollow

Backlink nofollow ditandai dengan adanya atribut rel=”nofollow” di dalam tagnya. Perhatikan gambar berikut ini!

rel nofollow

Backlink no 1 tidak memiliki rel=”nofollow” jadi otomatis backlink tersebut bersifat dofollow. Beda halnya dengan backlink no 2, dimana terdapat rel=”nofollow” di dalam tagnya, jadi backlink tersebut akan bersifat nofollow.

Setelah kamu memahami bedanya anatomi dari backlink dofollow dan nofollow, sekarang coba kamu block anchor text dari salah satu backlink yang kamu punya.

block anchor text

Kemudian klik kanan tepat di atas backlinknya, lalu pilih Inspect (saya menggunakan browser Google chrome).

klik kanan dan pilih inspect

Nanti kamu akan melihat anatomi dari backlink tersebut. Jika tidak terdapat rel=”nofollow” di dalamnya maka backlink tersebut bersifat dofollow.

anatomi backlink

Kalau menurut kamu cara di atas masih terlalu ribet untuk ngecek dofollow dan nofollow, kamu bisa menggunakan bantuan Extensions Google chrome.

Langkah pertama, pastikan kamu menggunakan browser Google chrome dan instal Extensions Strike Out Nofollow Links.

Strike Out Nofollow Links

Setelah kamu instal extensionnya di chrome, sekarang coba kunjungi halaman ini: https://en.wikipedia.org/wiki/Backlink. Lalu kamu scroll halamannya ke bagian paling bawah, nanti kamu akan melihat beberapa backlink dengan tanda coret. Backlink dengan tanda coret tersebut adalah backlink nofollow sedangkan backlink tanpa tanda coret adalah backlink dofollow. Lebih mudah bukan? 🙂

backlink nofollow

Apa Fungsi Nofollow?

Mungkin diantara kalian ada yang bertanya, kenapa sih mesti ada jenis dofollow dan nofollow? kenapa semua backlink itu tidak dofollow saja? dan kenapa harus ada jenis nofollow? dst.

Okay jadi gini ceritanya, pada dasarnya backlink nofollow digunakan oleh Google (sejak 2005) untuk mencegah komentar spam pada blog. Mendapatkan backlink dengan cara komentar di blog memang sangat mudah, sehingga banyak sekali orang yang berkomentar hanya untuk mendapatkan backlink dari artikel tersebut. Oleh sebab itu, saat ini hampir semua platform blog seperti blogspot dan wordpress secara otomatis merubah setiap backlink yang ada pada komentar menjadi nofollow, dan Google akan mengabaikan backlink tersebut.

Sumber Backlink yang Cenderung Nofollow

Intinya, backlink dari sumber manapun jika memiliki atribut rel=”nofollow” maka backlink tersebut sudah pasti bersifat nofollow. Tapi secara umum, backlink yang bersumber dari beberapa jenis website di bawah ini cenderung akan bersifat nofollow:

  • Blog comment
  • Social media
  • Social bookmarking
  • Wiki site
  • Article / blog directory
  • Backlink yang berasal dari iklan

Beberapa contoh website yang memberikan backlink nofollow seperti Youtube, Wikipedia, Quora, Facebook, Twitter, Reddit, Twitch, dan Medium.

Tidak bisa dipungkiri bahwa mendapatkankan sumber backlink dofollow yang berkualitas itu tidak mudah dan butuh waktu yang cukup lama untuk melakukan riset dan uji coba. Tapi kamu tidak usah khawatir, kamu bisa mendapatkan ratusan sumber backlink dofollow berkualitas beserta tutorialnya di dalam member area di website ini. Klik link ini untuk info selengkapnya.

Apakah Backlink Nofollow Tidak Akan Membantu SEO?

Memang ada perdebatan akan hal ini. Walaupun kalau kita mengacu pada penjelasan Google, sudah jelas dikatakan bahwa backlink nofollow tidak akan mengalirkan ranking apapun. Tapi entah mengapa sebagian orang beropini kalau backlink nofollow juga memberikan pengaruh walaupun tidak sebesar backlink dofollow.

Terlepas dari perdebatan tersebut, selalu ada 1 kesepakatan bahwa backlink dofollow tetap yang terbaik. Dan secara pribadi, saya berpendapat bahwa kalau kamu punya banyak sumber backlink dofollow berkualitas ngapain harus cari backlink nofollow? Yuk, join di sini untuk mendapatkan ratusan sumber backlink dofollow berkualitas.

Dimana Saya Mendapatkan Sumber Backlink Dofollow?

Di member area, kamu bisa mendapatkan ratusan sumber backlink dofollow dari puluhan extension domain yang berbeda-beda mulai dari TLD seperti .com, .net, .org, .edu, .gov, hingga ccTLD seperti .co.id, .id, co.uk, co.il, .ca, .eu, .eg, .jp, .ie, .nz, .it, .kr, .sk, .no, .io dll. Ini akan membuat backlink website kamu semakin powerful dan terlihat natural di mata Google.

Jika kamu serius ingin meranking website kamu di Google, kamu pasti butuh sumber backlink ini. Sumber backlink ini juga banyak dipakai oleh para pakar SEO dan perusahaan digital marketing agency di Indonesia. Mau join? klik disini.